Blog Materi Tumbuhan

FOTOSINTESIS

Apa itu FOTOSINTESIS?

Fotosintesis adalah proses pembuatan molekul makanan berenergi tinggi dari komponen yang lebih sederhana, yang dilakukan oleh tumbuhan autotrof (tumbuhan yang dapat membuat makanan sendiri). Fotosintesis berasal dari kata Foton yang artinya “cahaya” dan Sintesis yang berarti “penyusun”. Jadi, fotosintesis juga diartikan dengan proses biokimiawi yang dilakukan oleh tumbuhan untuk menghasilkan energi (nutrisi) dengan memanfaatkan energi cahaya. 
Gambar: Ilustrari proses fotosintesis.
Daun merupakan komponen utama pada tumbuhan yang berperan dalam fotosintesis ini. Pada daun terdapat klorofil (zat hijau daun). Nah, klorofil inilah yang akan menyerap energi matahari sehingga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi (nutrisi).
____________________

1. Reaksi Terang
    Dikatakan reaksi terang karena dalam prosesnya reaksi ini tidak membutuhkan cahaya matahari. Reaksi ini terjadi di salah satu ruang kosong pada kloroplas yang disebut membran tilakoid. Pada reaksi ini, klorofil akan menyerap cahaya dari matahari yang kemudian energi yang didapat dari cahaya matahari tersebut digunakan untuk memecah molekul air menjadi molekul oksigen dan hidrogen. Reaksi ini disebut fotolisis.

2. Reaksi Gelap
    Reaksi gelap merupakan reaksi yang tidak bergantung pada cahaya. Inti dari proses reaksi gelap merupakan pengubahan karbondioksida menjadi glukosa. Reaksi ini terjadi pada bagian stroma kloroplas. Reaksi gelap hanya terjadi setelah adanya reaksi terang dan proses reaksi gelap sangat kompleks karena pengubahan karbondioksida.


Agar kalian lebih memahami prosesnya, silahkan tonton video dibawah ini yaa! :)






Sumber:
Fried, George H dan George J. Hademenos. 2006. Biologi Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.

Share:

6 komentar:

Number of Visits

Popular Posts

Daftar Blog Saya

Label